Makam Sunan Kudus

blog.djarumbeasiswaplus.org
Kota Kudus tidak bisa dipisahkan dengan tokoh yang satu ini. Ya, Sunan Kudus atau raden Ja’far shadiq merupakan salah satu dari Walisongo, tokoh yang menyebarkan Islam di tanah Jawa khusunya di Kudus. 

Sunan Kudus sejatinya bukanlah asli penduduk kudus. Beliau lahir di Al-Quds negara Palestina. Kemudian bersama ayah, kakek dan kerabatnya berhijrah ke tanah Jawa. Sunan Kudus adalah salah satu tokoh dakwah yang berhasil menampakkan warisan budaya atau tanda dakwah islamiyahnya yang dikenal menggunakan pendekatan kultural yang begitu kuat. Hal itu nampak jelas pada bangunan peninggalan beliau yaitu Menara Kudus. Beliau populer sebagi seorang wali yang toleran, ahli ilmu, seniman dan tokoh yang kharismatik. 

Sunan Kudus wafat pada tahun 1550 masehi atau 958 Hijriyah dan makamnya terletak di samping masjid Menara Kudus yaitu desa Kauman, kecamatan Kota kabupaten Kudus, sekitar 1,5 Km dari alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Makam beliau tidak pernah sepi dari para peziarah yang berdatang dari berbagai penjuru. Puncak membludaknya peziarah biasanya pada saat bulan Muharram atau Suro karena diadakan serentetan acara di area makam Sunan Kudus yang salah satunya adalah upacara buka Luwur, pembuatan serta pembagian nasi bungkus yang hanya ada pada bulan tersebut.

Kemudian pada saat menyambut bulan suci Ramadhan, biasanya diadakan tradisi dhandangan. Saking padatnya, anda bahkan harus memarkir kendaraan agak jauh dari area makam sehingga anda harus berjalan untuk menuju lokasi. Untuk memasuki makam beliau, para peziarah harus melewati sebuah pintu yang penduduk setempat menyebutnya ‘lawang kembar’ yang memiliki mitos tersendiri. 

Di depan kompleks area makam anda dapat berfoto bersama rombongan. Anda dapat mengabadikan menggunakan kamera pribadi atau bisa juga menyewa jasa tukang foto yang banyak anda temui disana. Selain itu anda tidak perlu susah mencari toko yang berjualan souvenir dan oleh-oleh khas Kudus karena di area tersebut terdapat puluhan toko yang menyediakan berbagai pernak pernik oleh-oleh sampai anda bingung untuk memilih. Kurang afdhol apabila datang ke Kudus tanpa berziarah dan napak tilas ke makam Sunan Kudus.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Aksara Tanpa makna

Penulis adalah pecinta Traveling seluruh Indonesia.. Indonesia itu Indah Brooo

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

Ads space.. Silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com