Curug Si Jeglong Batang

Curug Sijeglong merupakan air terjun yang bisa kamu temukan di daerah Mergosono, kecamatan Tersono, kabupaten Batang. Objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan air terjun yang lain. Air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini terdiri atas empat tingkatan, dimana di setiap tingkat terdapat kedung atau kolam. 

Dinamakan Curug Sijeglong ini karena terdapatnya kolam atau dalam bahasa Jawa yaitu ‘jeglongan’ alias kubangan yang terdapat disetiap tingkatan masing-masing air terjun. Awalnya curug ini ditemukan oleh seorang petani. Pada saat petani tersebut hendak ke sawah, tidak sengaja petani tersebut melihat air terjun ini. Kemudian keindahan air terjun ini mulai tersebar luas sampai ke masyarakat di luar daerah. 
Untuk sampai di lokasi wisata Curug Sijeglong, kamu harus berjalan sejauh 3 kilometer dari lokasi penitipan kendaraan melewati jalanan yang masih berupa tanah berundak yang cukup licin, menyusuri hilir kali lampir. Warga telah menyediakan tambang dan jembatan bambu sebagai pengaman. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir kesasar karena penduduk warga setempat juga telah menyediakan petunjuk jalan. Sesampainya di air terjun ini, kamu akan dibuat kagum dengan aliran air yang memantulkan warna biru, dan sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan pantulan cahaya dan lingkungan sekitarnya. Kamu juga akan mendapati bebatuan sungai yang luar biasa keren, tidak kalah dengan wisata alam Green Canyon di pangandaran. 

Buat kamu yang suka tantangan, kamu bisa mencoba wahana ‘River Tubing’ yang dikelola penduduk setempat. Kalian harus membayar 45 ribu rupiah untuk mencoba wahana ini yang sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan pelampung. Waktu yang cocok buat berkunjung yaitu saat musim kemarau, jangan saat musim hujan karena medan bisa menjadi lebih ekstrim serta debit air terjun ini akan semakin besar. 

Makin penasaran ? yuk, berkunjung ke Curug Sijeglong ! jangan lupa bawa perbekalan secukupnya dan tetap jaga kelestariannya ya !

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Aksara Tanpa makna

Penulis adalah pecinta Traveling seluruh Indonesia.. Indonesia itu Indah Brooo

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

Ads space.. Silahkan hubungi aksarakuning@gmail.com

Kontributor